Pengumuman Registrasi Mahasiswa Lama Universitas Brawijaya Semester Genap 2023/2024

PENGUMUMAN
Nomor : 116/UN10.A01/TU.00/2024

REGISTRASI MAHASISWA LAMA UNIVERSITAS BRAWIJAYA
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2023/2024
PROGRAM DIPLOMA (VOKASI), SARJANA, DAN PASCASARJANA

Diumumkan kepada seluruh Mahasiswa Lama Universitas Brawijaya untuk melakukan  registrasi semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 dengan ketentuan sebagai berikut:

I. Registrasi Administrasi 

  1. Tata cara pembayaran:
    1. Mahasiswa menggunakan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) sebagai kode pembayaran UKT/SPP di semua kanal pembayaran pada bank yang ditunjuk. Proses pembayaran dilakukan secara otomatis sehingga tidak perlu transfer  atau menggunakan nomor rekening tertentu.
    2. Pembayaran UKT/SPP dapat dilakukan melalui bank berikut: BANK MANDIRI, BNI 46, BRI, BTN, BSI, BANK MUAMALAT, BANK CIMB NIAGA. Khusus untuk Fakultas Vokasi, selain bank tersebut di atas juga dapat dibayarkan melalui BCA. Tata cara pembayaran: https://selma.ub.ac.id/tata-cara-pembayaran/
    3. Tidak melayani pembayaran di luar bank yang telah ditentukan.
    4. Daftar ulang diluar jadwal tidak dilayani.
  2. Jadwal registrasi administrasi/pembayaran
    Tanggal pembayaran: 22 Januari s/d 2 Februari 2024 
  3. Syarat-syarat:
    1. Bagi mahasiswa yang semester sebelumnya cuti kuliah dapat langsung melakukan pembayaran UKT/SPP di bank yang ditunjuk. Mahasiswa yang status terminal harus membayar UKT yang di bebankan pada semester  sebelumnya.
    2. Bagi mahasiswa dengan status tidak terdaftar, Drop Out/ Blokir atau evaluasi studi pada semester sebelumnya, harus mengajukan surat aktif kuliah kembali kepada Rektor yang disetujui oleh Fakultas (Wakil Dekan I) disertai dengan form pernyataan mampu melanjutkan studi sesuai  ketentuan yang berlaku.
  4. Bagi mahasiswa penerima Bidik Misi/KIP-K yang masih berhak sebagai penerima beasiswa tidak melakukan pembayaran di Bank tetapi status sudah terdaftar dan langsung melakukan proses KRS di siam.ub.ac.id. Apabila status belum berubah  mohon konfirmasi ke Sub. Bagian Akademik fakultas masing-masing. 

II. Registrasi Akademik

  1. Tata cara registrasi akademik
    1. Mahasiswa login pada aplikasi SIAM (https://siam.ub.ac.id)
    2. Mahasiswa melakukan pemutakhiran biodata. Mahasiswa WAJIB mengisi data alamat asal dan alamat di Malang (jika ada) sesuai dengan alamat yang sebenarnya. Pastikan nomor handphone yang dapat dihubungi adalah nomor  yang benar dan aktif. Mohon di pastikan juga kebenaran Nomor Induk  Kependudukan (NIK) sesuai KTP. Pastikan nama saudara sudah sesuai  dengan yang ada di laman https://pddikti.kemdikbud.go.id/
    3. Mahasiswa melakukan pengisian KRS sesuai ketentuan yang berlaku.
    4. Informasi pelaksanaan pemrograman KRS untuk program Pascasarjana mengikuti pengumuman jadwal yang dikeluarkan oleh Fakultas/Program penyelenggara Pascasarjana
    5. Update foto diri dengan menggunakan jas Almamater bagi mahasiswa baru  tahun 2023/2024 sesuai ketentuan dalam siam.ub.ac.id.
  2. Jadwal registrasi akademik
    Tanggal Registrasi: 23 Januari s/d 3 Februari 2024

III. Sanksi Bila Tidak Melakukan Registrasi 

  1. Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi administrasi pada semester Genap T.A. 2023/2024 dinyatakan tidak terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya dan tidak diperkenankan melakukan kegiatan akademik dan kemahasiswaan pada  semester tersebut. 
  2. Bagi Mahasiswa yang telah melakukan registrasi administrasi (pembayaran SPP/UKT) tetapi ternyata secara akademik tidak memenuhi persyaratan untuk melanjutkan studinya, maka biaya SPP yang dibayarkan pada  semester Genap T.A. 2023/2024 akan dikembalikan. 
  3. Mahasiswa yang terlambat atau tidak melaksanakan registrasi administrasi disarankan segera mengajukan permohonan cuti akademik secara online melalui aplikasi SIAM (http://siam.ub.ac.id) kepada Rektor, selambat-lambatnya pada tanggal  3 April 2024. 
  4. Mahasiswa yang tidak terdaftar lebih dari 2 (dua) semester kumulatif dan berturut-turut, dinyatakan Gagal Studi (Drop Out).

IV. Lain-lain

  1. Pengajuan Cuti secara online dapat dilakukan mulai pada tanggal 22 Januari s/d 3 April 2024, jika disetujui akan dibebaskan dari pembayaran SPP/UKT.
  2.  Permohonan cuti akademik yang diajukan setelah batas akhir pengajuan cuti akademik atau setelah tanggal 3 April 2024 akan ditolak, tetap diwajibkan membayar SPP/UKT, dan disarankan untuk segera mengajukan permohonan Terminal  Kuliah melalui Sub. Bagian Akademik Fakultas. 
  3. Pembayaran SPP/UKT hanya merupakan bukti telah terdaftar sebagai mahasiswa dan dinyatakan Aktif jika telah melakukan registrasi akademik (Pengisian KRS).
  4. Mahasiswa yang telah menempuh Tugas Akhir (Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi) tetapi belum selesai, tetap diwajibkan melakukan registrasi akademik (Pengisian KRS).
  5. Pelaksanaan registrasi akademik (pengisian KRS) diatur oleh Fakultas/Program  masing-masing. 
  6. Tidak ada perpanjangan masa registrasi.
  7. Perkuliahan Semester Genap T.A. 2023/2024 dimulai pada tanggal 12 Februari – 21 Juni 2024.
  8. Sehubungan dengan Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024, kegiatan perkuliahan  pada tanggal 12 16 Februari 2024 dilaksanakan secara online/kuliah daring (mekanisme dan jadwal ditetapkan Fakultas masing-masing).
  9. Mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pembayaran Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dapat mengajukan bantuan keuangan sesuai jadwal berikut:

    Kegiatan 

    Pengajuan Bantuan Keuangan

    Verifikasi BEM 

    Verifikasi Fakultas 

    Pengumuman 

    Pembayaran 

    Jadwal 

    8 – 15 Januari 2024 pukul 15.00 WIB

    15 – 17 Januari 2024 

    17 – 19 Januari 2024 

    22 Januari 2024 

    22 Januari – 2 Februari 2024

    Tata Cara Pengajuan Bantuan Keuangan adalah sebagai berikut: 

    1. Mengakses laman https://bantuankeuangan.ub.ac.id untuk informasi jadwal dan  panduan aplikasi pengajuan. 
    2. Mengisi form pengajuan bantuan keuangan dengan lengkap dan jujur.
  10. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan secara online dibidang Akademik melalui HALO SELMA (https://haloselma.ub.ac.id). Untuk layanan Sistem Registrasi Online ke Helpdesk TIK UB melalui aplikasi Helpdesk TIK  (https://helpdesk-tik.ub.ac.id) 

 

 

a.n. Rektor 

Wakil Rektor Bidang Akademik, 

 

 

Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, M.P